Open Trip ke Pulau Pahawang

Pulau Pahawang Kecil

Selpih di kapal :D

Snorkeling *gagal pegang karang, pegang herlin aja :3

Pengen poto kayak gitu, tapi ga bisa *cukup ngapung aja

Hi, long time no see ya teman temann...
Ini pertama kalinya saya ikutan Open Trip ke Pulau Pahawang. Pahawang itu ada di Lampung Selatan, ujung pulau Sumatera. Dan pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke Sumatera :D

Sempet mikir-mikir sih pas mau ikut. Mikir perjalanan dr Jakarta ke Merak. Ngebayangin naik bis yg panas, terus ngga dapet tempat duduk, pasti udah mual -_-.
Saya searching dulu review yang pernah ke Pahawang, dan reviewnya bagus-bagus, pantainya cantik, ikan badut a.k.a ikan nemonya unyu-unyu. Akhirnya saya memutuskan buat ikut bareng temen-temen kantor  Open Trip ke Pahawang dg Indoribu Tour & Travel atau kalau mau liat delail klik disini.

Hari H pun tiba, Hari Jumat tgl 31/07/2015 sore pulang kantor jam 5 teng kita langsung caww buat nyari angkot ke arah plumpang. Dari Plumpang kita nunggu Bis ke arah merak, nunggu sekitar setengah jam, jam 17.30 kita udah naik Bis Arimbi Priok-Merak. Alhamdulilah dapet duduk dan bisnya AC yeeyyy :D ga jadi mual haha. Abis gitu langsung tidur aja tiba-tiba nyampe terminal merak sekitar jam 9. Diperjalanan hujan loh :( untung pas di merak udah reda ujannya.
Di terminal Merak langsung solat dulu di mushola dan cari makan, laper cuyy belom makan mlm.

Jam 23.00 meeting point kita nunggu di depan Indomaret pelabuhan Merak. Ketemu sama rombongan lainnya juga. Jam 00.00 - 01.00 otw masuk kapal. Dan di kapal saya juga beruntung, masih dapet tempat duduk yang AC, biayanya +10rb. Langsung deh bobo cantik lagi. nyampe pelabuhan Bakauheni sekitar jam 03.00
Lalu otw lagi menuju ke daerah Ketapang naek mobil. Perjalanan cukup jauh sekitar 3 jam, di tengah jalan berenti dulu buat solat subuh, kemudian lanjut lagi perjalanan. Nyampe di Ketapang sekitar jam setengah 7 pagi. Kita istirahat di rumah warga deket pelabuhan ke tapang, ngantri dulu ke toilet terus makan. lanjut naek kapal kecil *perahu dr ketapang ke tempat snorkeling, kita snorkeling di beberapa spot. Siang perhau kita sandar ke Pulau Pahawang perahu aja ada sandaran, masa km engga eaaa... wkwk dan disitu kita bakal check in hotel rumah warga. Sore kita lanjut snorkling lagi. Jam sekitar jam 5 sore balik lagi ke penginapan. Jadi hari-hari kita di penuhin sama snorkeling :D

In the night kita makan mlm, trs agak maleman dikit ada BBQ time, tapi saya ngga ikut, lebih milih tidur dr pada ikutan, cape banget soalnya :'( kaki pegel.
Udah nyiapin lotion anti nyamuk dkk, eh ternyata ngga ada nyamuk Alhamdulilah :) Pagi kita lanjut snorkling lagi sekalian check out. Tempat yg paling saya suka di Pulau Pahawang Kecil Subhannallah bangett
فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ
"Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?"
Di hari ke2 Minggu 02/08/2015 kita juga turun di beberapa spot, pertama ke penangkaran ikan nemo, dan disitu pula hujannya deres man temann :( jadi saya ngga ikut nyemplung, trs lanjut otw ke beberapa pantai, alhamdulilah ujannya udah ngga deres. Siang kita balik lagi ke Ketapang. Sorenya langsung balik lg ke bakauheni. Nyampe sana magrib, jam 7 mlm naek kapal nyampe merak sekitar jam 10mlm, jalan kaki sambil bawa ransel berat ke terminal bis, kaki rasanya udah ngga kuat jalan. Naik bis arah Pulo Gadung jam 23.30 nyampe di Honda (deket ITC Cempaka Mas) jam 01.30 cepet banget kan? Iyalah.. kan supirnya keren wkwk. Gara" jalanan sepi sih, jadi ngga macet :)
Kemudian naek taxi, dan Alhamdulilah nyampe kos dengan selamat jam 02.00 :')

FYI, jangan lupa bawa :
  • Bingo Waterproof (Buat pelindung hp biar ngga basah)
  • Pernak pernik selfie biar kekinian super wide, tongsis, dkk.
  • Sunscreen/sunblock
  • Power bank (bair disana ngga rebutan colokan)
  • Bantal leher (biar ngga pegel pas di kapal dan bis)
  • Dan jangan lupa buat yg berhijab jangan pakai krudung yg ribet buat snorkeling ;)
Oke thanks sekian, Alhamdulilah perjalanan kali ini menyenangkan :)